Otak Kreatif, Bisnis Lebih Kompetitif [BISNIS/WIRAUSAHA]

Jika ada pengusaha sukses yang mengatakan bahwa kreatifitas itu adalah salah satu dari sekian faktor penentu dalam berbisnis (malah bahkan hampir di urutan teratas), rasanya sebagian besar dari kita percaya pada apa yang dikatakannya. Apalagi kalau kemudian bicara tentang bagaimana membangun strategi “samudera biru”, di mana didalamnya hampir tak ada kompetitor bisnis yang bermain, sebagian besar dari kita yang memang berkecimpung di bisnis, bisa jadi lebih percaya lagi.

Ya, tidaklah berlebihan jika kita percaya pada apa yang disampaikan pengusaha tersebut. Karena apa? Karena yang pengusaha tersebut sampaikan itu, sebenarnya adalah esensi sebuah buku bisnis. Buku bisnis yang berjudul “Blue Ocean Strategy”, hasil riset Prof. W. Chan Kim dan Prof. Renee Mauborgne. Sebuah buku yang bagus untuk referensi bisnis – berhubung 2 orang penulisanya tersebut dikenal sebagai profesor dan guru di bidang bisnis. New York Times pun mengukuhkan buku tersebut sebagai salah satu buku bisnis berpengaruh.

Dan buku itu pulalah yang mengilhami pemikiran Pak Septo untuk bisnis warung internetnya. Semakin ketatnya persaingan di bidang tersebut dan makin tipisnya margin yang bisa diperoleh, mau ataupun tidak mau Pak Septo haruslah mencari strategi-strategi baru demi meloyalkan pengunjung warnetnya, salah satunya lewat teknologi dari MindSound.

(Barangkali, antara bisnis, strategi usaha dan teknologi dari MindSound seperti tidak ada hubungannya, ya? Tapi nanti kita lihat sama-sama, bagaimana hubungan di antara mereka sebenarnya bisa disimbiosiskan)

Teknologi MindSound ini sendiri sebenarnya sudah dikenal oleh Pak Septo sejak lama, sejak pertama kali kami muncul di Detik.com. Waktu itu Pak Septo juga sudah memutuskan untuk menggunakan MindSound Teknologi Stimulasi Otak yang lebih dikonsentrasikan pada aplikasi MaxWave First Edition untuk relaksasi dan MasterBrain yang berguna untuk mengembalikan energi.

Tapi sejak di toko buku papan atas Indonesia banyak terbit buku-buku yang mengupas tentang kekuatan pikiran dan otak untuk dunia usaha, Pak Septo mulai memandang teknologi kami dari perspektif yang agak lain. Pak Septo juga menyadari, bahwa teknologi ini bukan sekedar teknologi untuk relaksasi. Teknologi ini bukan hanya alat untuk transformasi pribadi, tapi bisa juga sebagai alat untuk transformasi bisnis.

Sejujurnya, perspektif Pak Septo (sebagai pengguna teknologi MindSound) sebenarnya agak ketinggalan, karena MindSound Technology sudah sejak dulu memposisikan teknologinya sebagai teknologi yang juga dapat membantu transformasi bisnis. Hal ini telah dibuktikan oleh para pelanggan kami lainnya yang juga bergelut di bidang bisnis. Tapi tidak masalah, tak ada kata terlambat untuk perubahan. Yang penting adalah bagaimana memanfaatkan teknologi ini seoptimal mungkin dengan waktu yang ada. Dan itulah fokus yang kami lakukan bersama, spesifik sesuai dengan bisnis warnet yang digeluti Pak Septo.

Maka segalanya langsung dimulai dengan penggunaan MindSound Teknologi Stimulasi Otak, aplikasi kedua : Maxwave Second Edition, yang berguna untuk menajamkan fokus dan kreatifitas. Aplikasi ini tidak terbatas hanya digunakan oleh Pak Septo sendiri, tapi juga beliau mewajibkan penggunaan untuk seluruh pegawainya dengan tujuan menciptakan suasana kerja yang lebih produktif dan positif. Hal ini juga tidak luput dari peran aplikasi ketiga : Maxwave Third Edition yang mampu menanamkan mindset “pelayanan terbaik kepada pengunjung” ke dalam pikiran bawah sadar.

Setiap hari setidaknya selama 30 – 40 menit, melalui sesi Maxwave Third Edition, Pak Septo rutin melakukan visualisasi kreatifitas untuk menggali berbagai potensi kreatif yang dapat dikembangkan, baik itu memanfaatkan teknologi informasi, membangun struktur pelayanan yang berbasis komunitas pengunjung (board of visitor), mengadakan training dan pengembangan sumber daya manusia, sampai dengan rencana mengintegrasikan MindSound Teknologi Stimulasi Otak ke setiap komputer di jaringan warnetnya sehingga pengunjung dapat sekaligus relaksasi dan menikmati suasana kenyamanan warnet yang didekor ulang dengan imajinasi kreatif Pas Septo bersama desainer interior handal.

Hasilnya sangat positif. Loyalitas pengunjung yang menjadi member meningkat. Hal itu ditandai dengan tercatatnya repetisi transaksi yang meningkat pada sistem billing warnet. Tingkat kunjungan dari pengunjung baru juga mengalami kenaikan. Pada akhirnya, dalam waktu 4 bulan, terjadi kenaikan pendapatan yang secara signifikan mencapai sekitar 30%.

Tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal-hal tersebut :

Faktor pertama yang dihasilkan dari MindSound Teknologi Stimulasi Otak adalah suasana kerja yang lebih produktif, fokus, positif, dan bersemangat menjadikan pelayanan kepada pengunjung jadi lebih menyenangkan.

Yang kedua, penanaman mindset kepada pegawai – untuk mengoptimalkan diri dalam bekerja dan melayani pelanggan – menimbulkan rasa kecintaan bekerja yang pada ujungnya membuat pengunjung tertular rasa senang dan lebih nyaman.

Faktor ketiga, berbagai ide kreatif yang divisualisasikan Pak Septo jadi lebih mudah difokuskan dan diimplementasikan serta dicari celah kekurangannya untuk dimodifikasi kemudian.

Faktor keempat, pengintegrasian MindSound Teknologi Stimulasi Otak pada setiap komputer yang digunakan pengunjung akhirnya memberikan pengalaman baru dan unik bagi mereka : surfing internet sambil relaksasi. Rileks dan nyaman. Ditambah dengan dekorasi warnet yang hangat dan fun, pengunjung pun menjadi lebih betah dan lebih memilih untuk berinternet di tempat Pak Septo.

Sinergi keempat faktor tersebut meningkatkan efek multiplikasi dari masing-masing faktor. Pertumbuhan yang semakin kompetitif terhadap warnet lain pun memberikan keunggulan yang jauh lebih baik ketimbang warnet-warnet pesaing Pak Septo hingga saat ini. Sukses !

Ingin lebih kompetitif di bisnis? Berlanjut ke MindSound Teknologi Stimulasi Otak saja. Disana bisa Anda coba VERSI TRIAL-nya.