Menyiasati Langkah Awal Bisnis Online [BISNIS/WIRAUSAHA]

Menyiasati Langkah Awal Bisnis Online [BISNIS/WIRAUSAHA]

Weekend kemarin saya diberi kehormatan oleh almamater saya, Ilmu Komputer UGM, untuk menjadi moderator di acara Seminar Nasional “E-commerce: The Solution for Your Business”, yang menjadi rangkaian acara Jogja Information Technology Session (Joints) 2009. Tentu saja selaku moderator, tugas saya adalah memandu acara, ngobrol di depan peserta bersama 2 orang pembicara yang sangat mumpuni: Mas Andrias Ekoyuono, GM Marketing-nya Detik.com, dan Mas Ridwan Sanjaya, dekan Fakultas Ilmu Komputer UNIKA Soegijapranata, Semarang.

Tentu saja banyak hal dan info postif yang saya dapatkan di situ. Dan jangan khawatir, saya akan berikan poin-poinnya kepada sidang pembaca sekaligus rekan-rekan MindSound yang terhormat.

Seminar kemarin itu dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama Mas Andrias ngobrol tentang bagaimana memulai sebuah bisnis online di Internet. Selama ini banyak di antara kita yang mungkin bingung dengan segala kendala teknis tentang bisnis di Internet. Maka Mas Andrias memupus kekhawatiran itu.

Poin obrolan dengan Mas Andrias adalah bisnis itu dimulai dari hal yang kecil. Dalam artian, jika masih bingung bagaimana mengelola website sendiri, mulailah dari layanan gratis yang banyak tersedia di Internet seperti Blogspot.com atau WordPress.com. Dari situ kita bisa belajar pelan-pelan bagaimana memenej sebuah website. Hal yang kecil juga bisa menyangkut metode transaksinya. Jika memang kita belum siap mengelola pembayaran transaksi secara online, kita bisa memakai jasa transfer antar bank. Semuanya dipelajari dan dilakukan secara perlahan-lahan dan disempurnakan terus-menerus.

Dalam dunia bisnis online, tidak ada bisnis yang bisa langsung eksklusif ketika awal berdirinya. Detik.com dan – bahkan – Amazon.com, yang merupakan toko buku online terbesar di dunia itu, juga tidak seperti apa yang kita lihat sekarang ini. Malah, Amazon.com hanya bermula dari sebuah garasi di rumah pendirinya. Karena itu, saya pikir, pesan dari Mas Andrias sudah sangat cukup untuk memotivasi kita semua yang ingin mengawali bisnis online di Internet. Tentu saja untuk bisa merintis sebuah usaha dari awal kita membutuhkan ketekunan dan keuletan serta jiwa wirausaha yang tangguh. Kami di MindSound menyarankan penggunaan MindSound Teknologi Stimulasi Otak secara rutin untuk menumbuhkan mindset entrepeneur pada diri kita semua.

Aplikasi pertama pada Teknologi Stimulasi Otak, yaitu Maxwave First Edition rutin digunakan untuk relaksasi persiapan kerja pada pagi hari sebelum beraktivitas. Dan pada malam hari, aplikasi Maxwave Third Edition digunakannya untuk lepas total selepas-lepasnya dari stress yang tersisa.

Selanjutnya, bisnis online – kita semua pasti sudah tahu – adalah bisnis yang terus berkembang. Teknologi yang bermain di dalamnya tidaklah stagnan. Selalu ada metode-metode baru yang harus kita pelajari. Di sinilah pentingnya aplikasi kedua dari MindSound Teknologi Stimulasi Otak, Maxwave Second Edition. Aplikasi ini bermanfaat untuk mempertahankan fokus dan menciptakan rasa rileks selama belajar, selain juga membantu menajamkan daya ingat dan kreatifitas selama belajar.

Pembicara kedua, Mas Ridwan, pada lanjutannya juga mementingkan adanya kreatifitas dari kita jika ingin survive di belantara dunia maya. Strategi bagaimana menciptakan diferensiasi produk kita atas produk kompetitor, bagaimana memberikan kejutan yang tidak disangka-sangka pada konsumen kita (atau bahasa kerennya: beyond the expectation), dan bagaimana memanfaatkan tren yang ada pada teknologi world wide web, sangatlah penting untuk diperhatikan.

Sebagai contoh kasus, Mas Ridwan mencontohkan penggunaan jejaring sosial Facebook sebagai alat bantu kampanye kita dalam pemasaran di Internet.

Dan sudah barang tentu Facebook bukanlah harga mati. Di luar sana ada banyak sekali tools yang bisa sangat berguna apabila kita semua mau bersikap ulet, mau belajar, dan mau mengembangkan kreatifitas kita. Untuk itu, jangan khawatir. Kami semua di MindSound siap membantu Anda semua untuk mengoptimalkan potensi yang Anda miliki.

Ingin ulet, kreatif, dan selalu memiliki hasrat untuk belajar? Silakan kunjungi MindSound Teknologi Stimulasi Otak dan dapatkan versi TRIAL-nya untuk Anda coba terlebih dahulu. Gratis!