Menjaga Fokus dan Konsentrasi [PENGEMBANGAN DIRI]

Menjaga Fokus dan Konsentrasi [PENGEMBANGAN DIRI]

Dari pengalaman bergaul dengan berbagai macam manusia, mulai dari bangku sekolah, kuliah, organisasi kampus, LSM, kantor, dan beberapa komunitas lainnya, sepenuhnya saya sadar kalau yang namanya tingkat konsentrasi setiap orang itu berbeda. Tidak jarang ketika saya berinteraksi dengan mereka dalam sebuah forum diskusi formal, ada beberapa rekan yang ngaco bin ngelantur binti nggak fokus, yang menyebabkan diskusi jadi berjalan kurang efektif.

Itu saya sadari betul. Dan, ya, jika saya yang lebih banyak menghabiskan waktu berinteraksi sosial lewat Facebook ini menyadarinya, apalagi Anda, rekan-rekan MindSound yang lebih aktif dan dinamnis ini, kan?

Buat Anda yang terbiasa menjaga fokus dan konsentrasi, mungkin tidak ada masalah dalam karir Anda. Tapi buat teman-teman yang kebetulan level konsentrasinya tidak sedahsyat Anda, oho, mungkin beberapa tips dari saya di bawah ini bisa Anda bagikan kepada mereka.

Pertama, biasakanlah mengalokasikan waktu. Dalam artian, ketika kita sedang mengerjakan sesuatu ada baiknya kita tentukan terlebih dahulu seberapa lama waktu yang kita butuhkan. Ini berguna supaya kita terhindar dari pemborosan waktu dalam mengerjakan satu hal. Selain itu, biasanya kita bakal lebih mudah fokus jika pekerjaan yang kita garap diberi batasan waktunya.

Kedua, persiapkanlah terlebih dahulu semua hal yang kita butuhkan ketika mengerjakan sesuatu. Misalnya saja, ketika kita sedang mengerjakan tugas, sediakanlah segala perlengkapan yang kita butuhkan di sekitar kita. Ini akan membuat konsentrasi kita tetap terjaga tanpa diganggu untuk mencari dan mengambil barang yang kita butuhkan di tengah-tengah keasyikan bekerja.

Selanjutnya, fokuskan perhatian hanya pada kegiatan yang sedang kita lakukan. Urusan-urusan di luar apa yang sedang kita kerjakan sebaiknya dibuang jauh-jauh, dah. Abaikan saja. Ini penting demi menjaga konsentrasi kita supaya tidak terpecah.

Keempat, jaga mata kita! Serius, jaga mata kita. Jagalah mata kita agar tetap menatap ke pekerjaan. Sebaiknya kita tidak usah dan jangan membiarkan kebiasaan melihat ke mana-mana ketika sedang mengerjakan tugas.

Ada interupsi? Abaikan saja. Memang, sih, biasanya ada saja gangguan kecil yang bisa mengganggu konsentrasi kita, entah itu ajakan ngobrol dari rekan ataupun suara-suara bising dari lingkungan luar kita. Untuk mengatasinya, mungkin bekerja sambil mendengarkan musik bisa jadi salah-satu solusinya.

Belum cukup? Kalau masih belum cukup, maka jangan dengarkan musik. Dengarkan saja aplikasi kedua dari MindSound Teknologi Stimulasi Otak sambil mengerjakan tugas kita. Aplikasi Maxwave Second Edition ini akan merangsang fokus kita juga meningkatkan level konsentrasi kita pada apa yang sedang kita kerjakan. Bukan cuma itu, aplikasi ini juga akan membantu meningkatkan kreatifitas kita yang, yeah, siapa tahu saja bakal memunculkan ide-ide segar pada apa yang sedang kita lakukan.

Menyenangkan, bukan?

Maka tunggu apa lagi? Temukan MindSound Teknologi Stimulasi Otak, dan Anda boleh coba VERSI TRIAL-nya terlebih dahulu secara gratis!